13 KULINER KHAS KALIMANTAN TIMUR

1. AYAM CINCANE

sumber foto : instagram@eunice_euston

Ayam Cincane merupakan masakan ayam yang dimasak dengan cara dipanggang yang berasal dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Dari asalnya Kota Samarinda  Ayam Cincane terbuat dari Ayam Kampung dan bumbu seperti santan, bawang merah, bawang putih dan terasi. Makanan ini sering dijumpai ketika acara peringatan hari besar, pernikahan dan penyambutan tamu kehormatan.

2. NASI BAKEPOR

sumber foto : instagram@yulianamenjoi

Nasi bakepor merupakan nasi liwet dengan campuran sayur, rempah rempah dan ikan asin. Nasi bakepor dahulu merupakan yang disajikan untuk para raja dari Kota Kutai, Kalimantan Timur. Sekarang kamu bisa menikmati hidangan ini tanpa harus menjadi raja.

3. GENCE RUAN

sumber foto : instagram@ endeus.tv

Gence Ruan adalah masakan rica-rica yang biasanya menggunakan ikan sungai sebagai bahan dasarnya seperti ikan haruan atau gabus makanya disebut gence ruan. Penyajiannya cukup sederhana dimana ikan dibakar atau digoreng dengan bumbu garam setelah matang di lumuri bumbu rica-rica yang pedas gurih.

4. NASI KUNING

sumber foto : intagram@ hwamei.id

Nasi kuning yang ada di Kalimantan Timur terkenal dengan nasi yang pulen. Biasa disajikan dengan Gance Ruan atau telur bulat rica-rica. Nasi kuning Samarinda dengan cita rasanya yang gurih banyak digemari oleh masyarakat sekitar. Setiap pagi, Anda bisa menemukannya di sepanjang jalan Kota Samarinda. Bumbunya pun dibuat istimewa, yaitu bumbu “Habang” yang merupakan bumbu khas masakan Suku Banjar.

5. SAYUR ASAM KUTAI

sumber foto : instagram@ ewiedhani

Berbeda dari daerah lain yang biasanya sayur asam hanya berbahan dasar sayuran, nah di Kalimantan Timur ini sayur ditambahkan ikan seperti ikan haruan atau gabus. Tak hanya bahan ikan gabus, sayur asam Kutai juga dilengkapi dengan bahan lain seperti pisang mentah, ubi, dan kangkung. Sementara bumbu asamnya berasal dari air jeruk nipis dan terung asam Kalimantan atau disebut juga terung Dayak.

6. RABO RUAN

sumber foto : instagram@ abonikan_buanton

Rabo Ruan merupakan masakan seperti Abon. Di Jawa biasanya Abon berbahan dasar daging sapi, namun di Kalimantan Timur menggunakan bahan dasar daging ikan haruan atau gabus. Hidangan ini sangat cocok dimakan bersama nasi hangat.

7. DAGING MASAK BUMI HANGUS

sumber foto : pinterest@ Chachoek Chachoek

Menu ini berbahan daging sapi yang dimasak dalam waktu yang lama dengan bumbu kecap hingga warnanya menjadi hitam. Karena hitam kecap itulah sebab sajian ini dinamakan daging masak bumbu hangus. Bahan dan caranya juga sederhana, yang perlu diperhatikan adalah perebusannya yang agak lama, perlu beberapa kali ditambahkan air agar kecap tidak gosong.

8. GANGAN MANOK

sumber foto : youtube@ keyko fisabililah

Gangan manok adalah sayur bening sejenis dengan makanan bakso dengan pelengkap bola-bola ayam. Penyajiannya dilengkapi sayuran bayam dan oyong yang kaya serat. Gangan manok berasal dari Balikpapan sehingga sering juga disebut gangan manok Balikpapan. Gangan dalam bahasa daerah setempat berarti ‘sayur’ dan ‘manok’ berarti ayam. Di Kalimantan, banyak olahan tradisional gangan ini.

9. AYAM SUWIR CABAI HIJAU

sumber foto : instagram@ eurasian2k

Bosan dengan sajian ayam yang kaya gitu aja? Coba deh sajian khas dari Kalimantan Timur ini : Ayam Suwir Cabai Hijau. Sajian ayam goreng yang disuwir-suwir berpadu dengan racikan bumbu iris yang cukup mudah didapat. Tapi rasanya jangan ditanya. Paduan antara gurih, asin dan pedas pasti mantullll.

Sekilas sajian dari Kaltim ini mirip Oseng Oseng. Dan kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit. Pastikan bumbu ditumis sampai benar-benar matang sebelum ayam dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar / cemplang.

10. PEPES KEPITING

sumber foto : instagram@ annisaaiv

Pepes kepiting ini berasal dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Ada 2 versi cara masaknya dimana yang pertama kepiting dimasak utuh yang kedua daging kepiting dipisahkan atau di cabut dari cangkangnya yang dimasak dengan bumbu cabai dan kunyit, kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar atau dikukus sesuai selera.

11. SATE PAYAU

sumber foto : instagram@ jalanterus_makanterus

Biasanya sate terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi, nah sate payau ini berasal dari daging rusa. Bumbunya sih hampir sama dengan sate pada umumnya yaitu dengan bumbu kacang atau kecap sesuai selera.

12. PULUT NASI

sumber foto : instagram@ laperkokbaper

Tampilannya sih sama dengan lontong isi tapi pasti ada bedanya. Pulut nasi dibungkus dengan daun pisang yang dilipat ke tengah dari kedua sisinya. Untuk merapatkan lipatan daun pisang, disematkan sebatang lidi di bagian tengah. Saat bungkus daun pisang dibuka, akan terlihat bagian isi. Melihat isi di dalam bungkusan, penganan ini terlihat seperti arem-arem atau lontong. Seperti halnya arem-arem dan lontong, pulut nasi pun terbuat dari nasi. Hanya saja, teksturnya lebih lunak. Nasi yang menjadi bagian isi pulut nasi dicampur dengan santan yang mengental dan tidak diberi isian seperti ragout atau sayur mayur.

Pulut nasi memang berbahan dasar beras dan santan yang dibumbui sedikit garam. Santan yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu santan kental dan santan encer. Ketiga bahan ini dibungkus daun pisang lalu dikukus selama dua jam. Selama proses pengukusan ini, santan encer akan terserap ke dalam beras, sementara santan kental akan semakin mengental, sehingga terbentuk tekstur nasi yang memadat diliputi dengan ‘saus’ santan yang putih dan kental. Pulut nasi memiliki rasa asin-gurih yang samar, sehingga kurang lengkap jika tidak disajikan dengan siraman sambal kacang yang khas. Sambal kacang ini menambahkan rasa pedas sekaligus memperkuat rasa gurihnya.


13. SAMBAL RAJA

sumber foto : instagram@ resepnenek.smd

Sambal ini biasanya disajikan dengan telur rebus, kacang panjang, dan terong goreng. Karenanya, tak hanya rasa pedas yang didapat, tapi juga ragam tekstur dalam sekali gigit. Aroma segar jeruk nipis pun jadi ciri utama sambal raja kutai. Hidangan ini biasanya dikombinasikan bersama ragam sajian lain, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan tempe goreng. Konon cerita, pada zaman Kerajaan Kutai dulu, sambal ini dibuat sebagai pendamping nasi bekepor dan hanya bisa dinikmati para raja.

Tapi, sekarang Anda tak perlu jadi raja hanya untuk menikmati kuliner satu ini. Sambal raja kutai sekarang bisa ditemui di banyak restoran di wilayah Kutai Kartanegara.


Bagi yang mau resepnya bisa kunjungi dan klik sumber foto ya, terima kasih


WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar