10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

 1. Mohinga

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Mohinga adalah sarapan paling populer dan terkenal di Myanmar. Disajikan dengan gorengan kacang goreng renyah, telur rebus, bawang, irisan lembut inti pisang-uap. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis, kecap ikan, bubuk cabai kering, ketumbar atau kacang jika Anda suka untuk selera yang lebih baik. Anda juga bisa memilih telur rebus ( oe bal ou ), kue ikan goreng (nga hpe) dan gorengan (akyaw) sesuai selera. Mohinga tidak hanya menjadi sarapan penting bagi orang Myanmar tetapi juga dikonsumsi sebagai camilan sepanjang hari.

Tahukah Kamu seberapa besar cinta orang Myanmar terhadap Mohinga? Mereka bisa makan siang dan malam tanpa makanan lain dan nasi.

2. Nan Gyi Thot

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Nan Gyi Tote adalah salah satu merek dagang paling populer dari sarapan Myanmar dan Anda tidak boleh melewatkannya. Ini adalah salad mie yang dibuat dengan mie beras bulat tebal yang dicampur dengan kari ayam yang beraroma. Nan Gyi Thote sering dihias dengan irisan telur rebus, bawang bombay, ketumbar, irisan jeruk nipis dan dengan gorengan renyah. Rasa mienya adalah kombinasi manis, asam, asin dan segar dan Kamu bisa makan di hampir semua kedai teh lokal dan bahkan pedagang kaki lima di pagi hari.

3. Salad Daun Teh (La Phat Thoke)

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Tea Leaf Salad (La Phat Thoke) adalah makanan tradisional Myanmar yang merupakan sejenis salad yang terbuat dari daun teh dan dicampur dengan irisan kubis kecil, irisan tomat, kacang dan kacang polong, irisan filet, lada pedas dan bawang putih. Tekstur saladnya unik, rasanya kombinasi lembut, pahit, asam dan juga pedas. Orang Myanmar memiliki Salad Daun Teh hanya sebagai camilan, hidangan pembuka atau dipasangkan dengan sepiring nasi sebagai makanan. Anda bisa mencobanya di restoran maupun di warung pinggir jalan. Setelah Anda mencobanya, Anda akan mengerti mengapa orang Burma menyukainya.

4. Tempura Burma (Akyaw Sone)

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Tempura Burma (Akyaw Sone) sangat penting untuk sarapan dan favorit semua orang Myanmar dan suka dinikmati dengan nasi kukus. Terkadang orang Burma menikmati Akyaw Sone hanya sebagai camilan. Tempura Burma mencakup berbagai hal yang digoreng seperti bawang, kentang, kacang polong, pisang, udang dan sebagainya. Tempura Burma (Akyaw Sone) tidak bisa sempurna tanpa sausnya. Nikmati makanan jalanan Tempura Burma dengan secangkir teh biasa seperti penduduk lokal saat Anda berada di Myanmar.

5. Staple food rice and curry

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Tidak lengkap rasanya jika berbicara tentang makanan tradisional Myanmar tanpa menyebut makanan pokok Myanmar yaitu nasi dan kari. Nasi adalah makanan pokok Myanmar dan makanan khas Myanmar termasuk sepiring nasi kukus sebagai hidangan utama dan hidangan pendamping dengan berbagai kari ikan, ayam atau babi, salad, semangkuk sup ringan dan saus kari ikan acar ( ngapi ya). Orang Burma selalu makan dengan jari tangan kanan dan piring disediakan sendok saji untuk dipegang dengan tangan kiri. Setelah makan, orang Burma makan acar daun teh, teh hijau, dan gula aren sebagai hidangan penutup. Jika Anda benar-benar ingin merasakan kehidupan lokal Myanmar, jangan lewatkan tempat ini.

6. Shan Noodle

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan makanan tradisional Myanmar tanpa menyebut Shan Noodle. Ini adalah salah satu makanan paling terkenal di Myanmar. Anda dapat memiliki Mie Shan baik sebagai sup atau sebagai salad. Mie beras tebal dan bulat disiapkan dengan ayam atau babi yang diasinkan, tomat berair, dihiasi dengan wijen panggang atau minyak bawang putih. Kebanyakan orang Myanmar menyukainya dan biasa memakannya sebagai sarapan, makan siang atau semacam camilan.

7. Shan Style Rice

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Nasi Shan atau Nga Htamin awalnya merupakan makanan tradisional dari suku Shan namun populer di seluruh Myanmar. Ini adalah makanan khas Myanmar, nasi yang dicampur dengan tomat, kentang dan ikan diremas menjadi bola-bola bundar, lalu ditaburi bawang goreng, bawang putih, saus asam, ketumbar di atasnya.

8. Coconut Noodle

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Jika Anda adalah penggemar berat sup berbahan dasar santan dan mie, Anda tidak boleh melewatkan mie kelapa saat berkunjung ke Myanmar. Mie Kelapa adalah hidangan mie Burma yang terdiri dari mie gandum dengan kaldu ayam yang dibumbui dengan krim. Dan Anda bisa menghiasnya dengan gorengan, telur rebus dan pilih favorit Anda dengan jeruk nipis, cabai, atau saus ikan. Rasa akan menjadi indah dengan sup mie ayam kelapa krim.

9. Si Htamin (Nasi Ketan Kuning)

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Masyarakat Myanmar memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan ringan yang gurih dan nikmat. Di pagi hari, orang Myanmar biasanya menyantap kudapan hangat atau panas sebagai sarapan mereka. Si Htamin (Nasi Ketan Kuning) adalah salah satu menu sarapan lokal yang populer. Si Htamin terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan kunyit, garam, bawang bombay dan disajikan dengan wijen sangrai, kacang polong kuning rebus dan ditaburi kelapa parut segar, serta ikan asin. Nikmati sarapan sederhana ini dengan secangkir kopi atau teh burma.

10. Kedai teh dan makanan ringan

10 MAKANAN TRADISIONAL MYANMAR

Orang Myanmar memiliki kebiasaan sarapan di kedai teh dan duduk di kedai teh pada waktu senggang untuk pertemuan bisnis, berkumpul dengan teman, berdiskusi tentang politik, dan membaca koran. Toko teh adalah tempat yang paling padat dan sering dikunjungi di Yangon. Di pagi hari, kedai teh ramai dan sebagian besar orang Myanmar menikmati sarapan mereka sebelum pergi ke kantor. Cangkir teh Burma biasanya menggabungkan daun teh hitam dan susu kental. Dan juga coba samosa, ei kyar kway, pa lar tar dan nan pyar. Jika Anda ingin bertukar budaya, Anda harus pergi ke kedai teh di pagi hari. Teh di Myanmar mirip dengan teh yang ada di Thailand dan Malaysia.

WIWIT WIHANDOKO GUMILAR
Assalamualaikum Keseharian Saya saat ini masih berprofesi sebagai Power Ranger di negara yang sangat indah dan kekuatan saya dibantu oleh Allah SWT, Orang tua, Rosul, Saudara, Anak, Teman, Guru, Tetangga. Kalau suka sama web ini, bantu share ke teman lainnya ya. saya doakan panjang umur, sehat selalu dan ditambahkan rejekinya. Terima kasih Wassalamualikum

Related Posts

Posting Komentar